Categories
Tentang....

BREATHE – Tidak Akan Ada yang Menyalahkanmu

Setiap orang pasti pernah dengerin musik atau lagu, baik secara sengaja atau engga. Karena sekarang musik itu semacem apa yaaa, hhmmm kebutuhan? ih tapi lebay banget yaa kalau musik disebut kebutuhan padahal tanpa musik juga masih bisa hidup. Baiklah kalau gitu aku sebut musik itu sebagai teman dalam menjalani aktivitas sehari-hari, misalnya dijadiin teman saat lagi perjalananan, atau saat lagi stress. Hayoo siapa yang begitu?

Kalau aku pribadi sebenernya engga begitu tahu dan update sama lagu-lagu dalam negeri maupun luar negeri, paling hanya sekedarnya aja (Kecuali Soundtrack drama korea ya hahaha). Dan bukan tipe yang sering dengerin musik secara rutin, aku sering dengerin musik kalau lagi dalam perjalanan gitu. Jenis musik yang aku suka juga cenderung yang mellow atau ballad.

Aku jarang banget muter musik saat lagi dirumah kecuali lagi pengen aja itu pun engga akan lama, paling sekitar 5-10 menit, suka ngerasa berisik soalnya hahaha, tapi kalau musik itu diputer dari handphone temen mah engga masalah mau sejam juga. Ihh ini apa sih random banget wkwk

Seringnya lagu-lagu yang aku tahu itu karena orang lain yang nyalain, aku mah nimbrung aja nanti kalau suka baru searching deh, dulu waktu masih tinggal dirumah, Bapak sama Mamaku sering dengerin lagu lawas gituu kan ya eh aku sukaaa hahahaha. Ada tuh lagu Betharia Sonatha yang aku suka sampe sekarang hahahaha, gini lagunya :


“Dulu, segenggam emas
kau pinang aku…
Dulu, bersumpah janji
di depan saksi wow wow…
Namun semua hilanglah sudah
ditelan dusta wow wow…
Namun semua tinggal cerita
hati yang luka… ” (Yang tau lagunya jangan sambil nyanyi)

Heeh ini kenapa gak nyambung sih sama judul tulisan? wkwkwkwk sabar yaa, aku kan gitu anaknya sering gak jelas.

Breathe

Kalian tahu gak sih kalau Breathe itu  salah satu judul lagu Korea yang rilis tahun 2016, nama penyanyinya Lee Hi. Dia solois yang diasuh oleh YG Entertaiment.

Cantik deh orangnyaaaa masih muda pulaaa, kelahiran tahun 1996 dia tuuh.  Nih aku kasih tahu poto yang lebih jelas.

Lee Hi itu nama panggung aja, nama asli dia adalah Lee Ha Yi. Yaa beda-beda tipis laah yaaak namanya. Awal mula tahu lagu Breathe itu saat Jonghyun Shinee meninggal. Karena ternyata lagu ini salah satu ciptaan dari Jonghyun. Lagu ini ramai jadi perbincangan di kalangan nitizen saat Lee hi nyanyiin di acara The 32nd Golden Disc Award tahun 2018 setelah kematian Jonghyun, meskipun sedih dan sempet berhenti ditengah-tengah lagu tapi Lee Hi mencoba profesional untuk tetap selesaiin lagunya.

Siapa sih Jong Hyun Shinee itu?

Buat anak kpopers mah pasti tau lah yaa kalau Jonghyun adalah salah satu member boyband group Shinee yang bernaung di SM Entertaiment. Dia itu masih muda, kelahiran tahun 1990, tapi dia memilih mengakhiri hidupnya dengan cara menghisap asap briket di Apartementnya pada 18 Desember 2017 karena depresi. Dia itu merasa kemampuan musiknya menurun seiring bertambahnya usia.

Sebelumnya Jonghyun emang mengidap Seasonal Affective Disorder (SAD). Seasonal Affective Disorder (SAD) adalah sebuah gangguan mental yang dipengaruhi oleh perubahan iklim. Kebayang gak sih di Korea ada 4 musim, dan setiap pergantian musim dia pasti depresi.

Sebelum Jonghyun meninggal aku engga pernah tahu tentang dia, tapi pas udah meninggal baru mulai cari tahu dan aku nyesek sendiri masa, kayanya dia emang kesepian banget. Banyak yang bilang katanya jadi artis itu enak, banyak uang dan terkenal, tapi meskipun begitu nyatanya tetep aja kesepian itu emang bisa dialami oleh siapapun tanpa memandang apapun. Dan artis korea yang bunuh diri pun cukup banyak.

Liat video-video Jonghyun berinteraksi sama sesama teman di dunia hiburan tuh rasanyaa sedih aja aku (apa aku yang terlalu sensitive yaa).  Soalnya kalau diliat dari video itu kayanya dia anaknya hangat gitu, walau penuh luka kayanya dia sosok yang bisa bikin nyaman, terus aku ngebayangin jadi temen-temennya gituu, rasanya pedih aja.

Menurut aku lagu Breathe ini semacem ungkapan hati dia gitu, soalnya artinya deep banget, dan saat aku lagi ngerasa down,lagu ini relateeee banget.

Makna Lagu Breathe Menurut Aku…

Setiap lagu itu pasri ada maknanya ya (yaiyalah) biasanya meskipun lagunya sama tapi makna bagi setiap orang itu bisa beda-beda. Beda kepala beda cara pikir.

Buat aku lagu ini menggambarkan tentang seseorang yang engga bisa buat menggambarkan dengan jelas tentang perasaan yang dialami, sedih, sesak dan rasa bersalah yang muncul saat kita melakukan kesalahan, tapi disisi lain juga ada keinganan untuk dimengerti minimal dikasih pelukan dan katakan “tidak apa-apa tidak akan ada yang menyalahkanmu”

lagu ini juga seolah mengingatkan kalau setiap orang pasti pernah ngelakuin kesalahan, even itu cuma sekedar salah ngomong, jadi gak apa-apa, engga usah takut. Semua akan baik-baik aja.

Relate banget ga si? pasti kita (aku ding) saat lagi sedih dan gak bisa buat ngungkapin tentang semua rasa, pelukan itu emang semacem kaya obat gitu loh. Engga perlu kata bijak atau apapun cukup dengarkan dan peluk aja rasanya cukup banget.

Kaya lirik dalam lagu Breathe ini:

When someone sighs.... When someone sighs.... Such deep breaths your sigh Even though I won’t be able to understand its depth, that’s okay I will embrace you

Lirik favorit aku part yang ini :

It’s okay if your breath gets short... No one is blaming you… You can make mistakes from time to time.... Everyone else does too If I tell you it’s alright I know that it’s only words..

Dan lagu ini ditutup dengan kata ” Thank you so much for your hard work”.

Kadang kita memang sering lupa untuk bilang makasih sama diri sendiri, lupa kalau diri ini udah melewati banyak hal yang engga mudah. Jadi jangan lupa untuk berterima kasih sama diri sendiri ya gaes.

See you~

44 replies on “BREATHE – Tidak Akan Ada yang Menyalahkanmu”

Dalem banget ya makna lagunya, kok jadi pengen dengerin hehe
Aku pribadi sih nggak terlalu tahu kpop, tapi kalau nonton drakor malah jadi suka sama soundtracknya

Aku tau lagu iniii, kebiasaan bgt kalo dengerin lagu enak, terus cari maknanya. Dan selalu ada aja makna makna yg dapat disimpulkan.
Waa makasih udah nulis pnjabaran maknanya. Orang kaya aku gini akan mmbantu bgt tulisanmu kak

Temanya sedih amat tentang perasaan bersalah..
Mau share sedikit, kemarin sempet dengerin podcaster yang bahas masalah ini, dia bilang bagi dia pribadi solusi dari masalah ini yaitu mencari jalan ke dalam atau berdamai dengan diri sendiri..
Satu hal yang gw suka dari podcaster ini adalah ngebebasin yang denger untuk ikut solusi dari dia atau nemuin cara yang lain karena tiap pribadi itu unik yang penting intinya dipraktekin biar tahu cocok atau ngga..
Wah, ternyata hari ini ‘kebetulan’ dapet sharing tentang hal ini lagi dan dapet insight baru kalo dibiarin aja bisa jadi self harm ya..hehe..

Iya kak bener berdamai sama diri sendiri emang sulit. Menerima apa yang terjadi dalam hidup kita itu gak mudah butuh proses yang panjang

Kalau aku hampir setiap hari dengerin lagu dari beberapa jenis musik. Seperti musik pop, rock, dan slow rock. Rata-rata lagu jadul sih. Bahkan masing sering dengerin lagunya band Queen. Kadang kalau lagi banyak pikiran, lagu menjadi salah satu media untuk bersantai. Musik juga sangat bagus untuk meluapkan emosi yang dirasakan. Aku biasa melakukannya 😀

Ehhh iyaaa kebanyakan memang gituu Mas, Lagu bisa jadi sarana buat meluapkan emosi. Aku juga sebenernya keseringan denger lagu ini kalau lagi pengen nangis tapi susah hahahaha

Dear Kak Ser, saya tuh langsung cuzz cari di YouTube lagu breathe… walaupun ndak ngerti apa yang disampaikan, tapi dari penghayatan lee hi, kita merasakan depresinya sang pencipta lagu. Putus asa, hampa, kesepian sayangnya diujungkan oleh Jong hyun. Namun sesuai harapannya: Tidak Ada yang Menyalahkan Mu…

Beneerrr terasa banget itu rasa hampa, kesepian sama putus asa. Btw bisa di search lagu + artinya Teh.

Wowww…bahas one of my fave song….aku pertama kali denger gak sengaja aja…sebelum Jonghyun bundir…dan pas denger nada ama lumayan paham bahasa korea jadi kurleb ngerti artinya langsung berasa nyesek bgt di dada….ehh pas ada kejadian Jonghyun langsung ngehh…pantesan lagu Breathe sedalam itu…wong yg bikin dr hati banget. Sampe skrg kalo dgr lagu ini masih suka sedih…honestly dlu sempet pengen bahas lirik lagu ini juga…tp ga jadi2…terima kasih udah beneran bikin chinguya…

Kalo aku si Kak, dengerin musik emang hampir tiap hari. Dan genrenya pun beragam, kalau lagi pengen semangat nulis setel lagu Bio – Revolusi kalau lagi santai denger Banda Neira, kalau lagi kesel sama berita politik ya Efek Rumah Kaca, pokoknya musik nemenin kehidupan sehari-hari.

Lee Hi … Aku suka lagu dia yang judulnya Rose kalo gak salah, haha … Udah lama banget. Pokoknya ada liriknya yang gini “every rose has its thorn”

Dia suaranya baguuusss yaaa … Tapi akhir-akhir ini emang lagi gak dengerin kpop. Lebih nonton drakor sih, hehe

Kalau lagu breath ini belum pernah denger, coba nanti aku cari di spotify. Liriknya bagus yaaa … RIP Jonghyun.

Iyaa bener ada lagu Lee Hi yang judulnya Rose aku juga pernah dengerin tapi aku lebih suka breathe ini hehehehe. selamat mencari dan dengerin yaaa

Btw kak lee hi itu sebenernya singkatan dari lee ha yi. H dan I dibacanya jadi hayi. Hehe

Ah ini lagu kesukaan aku banget. Apalagi pas nonton live nyanyinya tepat setelah lee jong hyun meninggal. Asli sih nangiiis. Dan emang artinya sedalam itu.

Daleeeem bener liriknya
Setujuuuh! Jangan lupa untuk berterima kasih pada diri sendiri atas segala yang kita capai sampai saat ini. Ini seringkali kita lupa lakukan. Lupa berterima kasih untuk tidak pernah menyerah dengan keadaan, sudah mau bangkit walaupun sulit, tidak pernah menyerah walau sering kali merasa kalah, sudah sabar dari segala hal yang mengejar….terima kasih atas semua hal yang telah kita lakukan.

Iyaa Mba, padahal berterima kasih sama diri sendiri salah satu hal penting tapi rasanya sering banget lupa

Astagah siapa yang taruh bawnag disini? Siapa?! Ampuun artinya dalam sekali terlebih pernah dinyanyikan almarhum ya, jadi menduga2 jamgan2 kita nyanyi itu dia emang lagi down banget, jangan2 dia emang butuh ditemeni ngobrol atau dipeluk. Cry. Cry. Cry…

kakk, aku jujur yaaaa… akutuh pecinta drakor tapi bukan pecinta kpop. jadi bahas lagu begini aja kaga mudeng. padahal sdh baca nih tulisan sampe 2x loh kak. yang bikin aku salfok si oppa cowoknya masa hahhaha..
kalo bahas lagu sih, aku yakin makna dari sebuah lagu itu pasti penuh arti.

Jonghyun SHINEE commit suicide karena depresi. Beberapa hari lalu aktor Jepang yang kusuka pun commit suicide karena depresi. Aku enggak kebayang apa yang mereka rasakan. Tapi jadi merasa harus lebih berhati-hati untuk berbicara dan bersikap.

Btw, aku suka genre musik apapun, jadi langsung dengerin lagu Breathe ini. Musik balladnya adem ya, Kak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *